Prak.PEE Kelas D


Informasi UPDATE (28 Oktober 2011)

Demo akhir Kelompok+ Individu dilaksanakan hari Rabu, 2 NOvember 2011 jam 09.00 di depan LABSI

Syarat dan ketentuan KELOMPOK:

1.Membawa Harcopy Lapres Kelompok (Format Lapres Kelompok), tidak perlu di jilid dulu
2.membawa CD yang berisi :
-File Web dan database dalam bentuk .sql
-Softcopy Lapres Kelompok (nama filenya: Kelas_NamaKelompok)
-Nama WEB HOSTING ONLINE + Nama list Anggotanya
3.Format Nama CD : Kelas_NamaKelompok
4.Lapres Hardcopy dan CD dibawa waktu demo akhir yaitu hari Rabu, 2 NOvember 2011 jam 09.00 di depan LABSI

Kelompok A:ketuanya Cira
Kelompok B:ketuanya Kharisma

Syarat dan ketentuan demo INDIVIDU: Harus ada pembelian product sampai selesai, harus ada category, vendor, payment methods, shipping

Tugas tambahan buat Wijakso, Ratih, Wahyu hakim : Web individunya minimal harus ada 5 category dan tiap category harus ada minimal 10 Product

Info dibawah ini sudah tidak update(dilarang dibaca)

Praktikum PEE Kelas D

waktu : Jum’at ,07.30- selesai

tempat:labsi

Aturan Umum Praktikum:

  1. Wajib Mengucapkan Basmallah sebelum praktikum
  2. Dalam pertemuan per modul, tiap kelompok wajib melontarkan kata-kata motivasi yang keluar dari lubuh hati sendiri dan dilarang ngopy.
  3. Wajib Mengucapkan hamdalah setelah selesai praktikum

Aturan Asistensi :

  1. Asistensi yaitu jum’at 07.30 di labsi (jadi, sebelum praktikum modul selanjutnya)
  2. Menyiapkan bahan asistensi per individu (laptop sendiri atau terserah)
  3. Harus sudah mencoba dirumah masing-masing

Susunan Laporan Resmi Per Modul:

  • Cover (Nama,logo lab dan lain-lain harap diperbaharui sesuai dengan SIKON skrg)
  • Bab I Pendahuluan
  • Bab II Dasar Teori ( tiap individu tidak boleh sama)
  • Bab III Tugas Pendahuluan ( tiap individu tidak boleh sama)
  • Bab IV Implementasi (Harus ada Print Screen dan tiap individu tidak boleh sama)
  • Bab V Kesimpulan

File Format Laporan Resmi —> Lapres Harus ada halamanya

PERATURAN PRAKTIKUM PEE KELAD D

Asistensi Lapres Tiap Modul yaitu pada pertemuan berikutnya.
Pengiriman laporan individu melalui email sehari sebelum praktikum dimulai

Tugas Individu Asistensi Modul 1 & 2 :

  • Installasi lampp pada linux dan Installasi joomla pada laptop masing-masing
  • Membuat Project web oscommerce menggunakan joomla dan virtuemart sebagai bahan asistensi individu *.

NB : Praktikan silahkan cari ide web ecommerce untuk tugas individu lalu comment disini ide apa yang akan dibangun pada toko online nantinya, ide satu praktikan dengan lainnya tidak boleh sama. .


PERATURAN PRAKTIKUM E-COMMERCE & E-BUSSINESS 2011

  1. Peserta wajib mengikuti semua sesi pertemuan praktikum. Apabila tidak mengikuti satu kali pertemuan NILAI = E dan tidak perlu mengikuti kegiatan praktikum selanjutnya.

  2. Apabila tidak dapat mengikuti kegiatan praktikum diharapkan memberikan keterangan yang jelas, Dengan ketentuan :
    a. Izin = Toleransi dari asisten praktikum dan harus ada kesepakatan dengan peserta sebelum praktikum dimulai, dan nantinya asisten berhak memberikan Tugas Tambahan.
    b. Sakit = Harus menyertakan surat keterangan dari dokter dengan legalisasi yang sah.

  3. Penilaian = Asisten Dosen 70% dan Dosen Pengampu 30%.

  4. Toleransi keterlambatan Maksimal 5 menit kepada peserta praktikum.

  5. Setiap kelas akan dibagi dua kelompok dan dua koordinator pada masing-masing kelompok.

  6. Seluruh kegiatan praktikum wajib menggunakan Open Source baik Software pendukung maupun Operating Systemnya.

  7. Tugas pendahuluan dikumpulkan dalam bentuk hand-writing (tulis tangan) sebelum praktikum dimulai.

  8. Laporan setiap modul dikumpulkan dalam bentuk .odt dan .pdf dan dikirim via email kepada asisten masing-masing dengan subjectLaporan_PEE_Modul (I/II/III/IV/V) , untuk nama file harus diberi nama jelas misalnya Nama_NRP_Laporan_PEE_KelasD_Modul1.odt atau Laporan_PEE_Modul1.pdf, Pengiriman lapres yaitu pada hari sabtu (setelah praktikum)

  9. Koordinator kelompok wajib membawa cover laporan per modul dan meminta tanda tangan kepada asisten ketika semua anggota kelompoknya sudah melakukan demo (cover tersebut akan dipergunakan ketika mengumpulkan laporan akhir).

  10. Laporan akhir dikumpulkan perkelompok dalam bentuk hardcopy.

  11. Masing-masing peserta praktikum WAJIB membuat website E-Commerce dan E-Bussines untuk penilaian asistensi.

  12. Final Project memilih salah satu website anggota kelompok untuk di demokan ke dosen pengampu.

  13. Kedispilinan akan mendapat penilaian khusus. Apabila telat asistensi dan kirim laporan maka nilai akan mendapat pengurangan

METODE PRAKTIKUM :

  1. Praktikum tidak lagi berisi tentang pemberian materi melainkan praktek pengimplementasian pada modul.

  2. Praktikum tidak menitik beratkan pertemuan dikelas tetapi lebih menitik beratkan pada tugas praktek dan asistensi di luar kelas.

  3. Waktu praktikum sama dengan 2 kali waktu perkuliahan, jadi waktu untuk praktikum sebenarnya lebih panjang dari pada waktu kuliah biasa.

PRAKTIKUM PEE KELAS D

Pada praktikum e-bussines dan e-commerce 2011 terdapat 5 modul praktikum yang akan dibahas setiap pertemuan praktikum. dimana setiap modul terdapat beberapa bagian pokok seperti dasar teori,tugas pendahuluan, tugas praktikum (implementasi) dan tugas tambahan (optional). untuk laporan praktikum setiap pertemuan agar disesuaikan dengan konsep sebagai berikut :

Attention..! Laporan individu dikirim melalui email apabila praktikan sudah melakukan asistensi pada Asprak, Ketua kelompok diwajibkan meminta tanda tangan cover laporan modul kelompok kepada Asprak apabila semua anggota kelompok sudah melakukan asistensi. untuk jadwal dan keterlambatan asistensi bisa dilihat pada artikel peraturan praktikum PEE 2011.

Sedangkan software pendukung dari praktikum EE disini adalah XAMPP serta JOOMLA dan VIRTUEMART. Untuk XAMPP saya rekomendasikan XAMPP 1.6.8 atau XAMPP 1.7.1 Untuk JOOMLA saya rekomendasikan JOOMLA STABLE 1.5.22 dan VIRTUEMART 1.1.8 dan sudah saya kemas dalam paket joomla bundle virtuemart pada link download dibawah. namun apabila praktikan ingin menggunakan software pendukung diatas sesuai dengan versi yang diinginkan, maka praktikan harus bisa dalam penggunaan dan troubleshotingnya apabila nanti terjadi error pada saat penginstalan ataupun asistensi.

NB : Semua peralatan baik software maupun Komputer yang digunakan harus berbasis open source

12 responses to “Prak.PEE Kelas D

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s